Minggu, 08 Desember 2013

One Day No Car Kelurahan Tirtajaya


Car Free day Grand depok City

Setiap minggu pagi ada car free day di jalan masuk grand depok city. Mulai jam 6 sampai jam 9 pagi tidak ada kendaraan bermotor yang boleh lewat mulai dari jembatan Kota Kembang sampai perempatan Anyelir 3. Tidak tanggung-tanggung, sejumlah penjaga ditempatkan di ujung jalan, baik dari Kepolisian maupun Dinas Perhubungan.
Entah siapa yang menggagas (mungkin saja Pemeritah Kota), yang jelas car free day menjadi wahana bagi masyarakat untuk berolahraga. Ada yang bersepeda, jogging, ada juga yang jalan kaki. Masyarakat yang memanfaatkan tentu saja menjadikan ini sebagai ajang untiuk menjaga tubuh agar tetap bugar, apalagi bagi mereka yang sibuk bekerja sehingga tidak memiliki kesempatan berolahraga di sela kesibukannya.



Sayangnya, para penggagas belum sepenuhnya memikirkan masyarakat yang tidak memanfaatkan car free day ini. Jalan yang ditutup adalah satu-satunya akses dari Kota Kembang menuju jalan Kartini begitu pula sebaliknya. Para pegendara motor yang ingin beraktivitas di minggu pagi harus melewati jalan setapak berbatu yang memutar (dengan semak-semak di sisi kiri kanannya). Perlu waktu 2 sampai 3 kali lebih lama untuk sampai di jalan Kartini dibanding bila melewati jalan utama Kota Kembang (yang ditutup untuk car free day), apalagi bila keadaan hujan atau sehabis hujan, butuh ekstra waktu maupun kesabaran untuk melaluinya. Bahkan para pengedara mobil harus bersedia menunggu sampai jam 9, atau mengambil jalan memutar lewat Depok Tengah yang jaraknya malah lebih dari sekedar 3 kali jarak tempuh bila melewati jalan Kota Kembang.

Car free day ini sebaiknya tidak mengganggu aktivitas masyarakat yang tidak memanfaatkannya. Para penggagas sudah semestinya menyiapakan jalan alternatif yang pantas (baik dari segi jarak maupun kondisi jalan), karena tidak semua orang berolahraga di hari minggu (mungkin di hari sabtu, atau jumat, atau hari lainnya). Semoga keadaan ini dapat segera diatasi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar